Pages

Cara Menyeting Robot Header di Blogger

Cara menyeting robot header di blogger - Awal kemunculan robot header merupakan sebuah solusi dari permasalahan duplikat konten, sebenarnya fasilitas ini sudah tersedia di blogger tapi jarang ada yang menggunakannya karena memang tidak tahu kegunaannya. Setelah duplikat konten menjadi sebuah masalah serius untuk SEO blog, muncul lah beberapa solusi termasuk robot header ini. Mengapa termasuk? Karena solusinya tidak hanya oleh robot header saja, tapi masih ada solusi yang lain.

Biasanya setting robot header dikupas langsung bersama setting robot.txt, tapi demi membantu belajar SEO untuk pemula, kali ini akan dibahas terpisah dengan harapan bisa lebih detail (semoga). Duplikat konten tidak saja terjadi karena setting robot header yang belum dilakukan, tetapi juga bisa dari tampilan mobile dari blog. Nah, bila blog sobat mengalami masalah dengan duplikat konten, sebaiknya analisa dulu akar masalahnya baru kemudian melakukan tindakan sebagai solusi yang mungkin bisa membantu.

Namun kali ini saya hanya akan menjelaskan mengenai setting robot header saja, untuk solusi yang lain akan saya posting pada artikel selanjutnya yang membahas masalah duplikat konten secara lebih detail. Melakukan setelan ini biasa disebut, setting custom robot header, dan berikut langkah-langkah untuk melakukan setelannya :

1. Login ke akun blogger sobat
2. Pilih menu Setting > Search preferences

cara menyeting robot header di blogger
  
3. Pada pilihan Crawler and indexing > Custom robot header tags > Edit

cara menyeting robot header di blogger


4. Pada pilihan Enable custom robot header tags? > Yes

cara menyeting robot header di blogger


5. Lakukan setting seperti gambar berikut

cara menyeting robot header di blogger

6. Save setting

Selesai sudah setting robot header di blogger sobat, melakukan setting ini membuat blog sobat menjadi satu langkah kedepan dari sisi SEO friendly.

Demikian cara menyeting robot header di blogger, semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment


About | Contact | Privacy Policy
Copyright © Belajar SEO Pemula - Powered by Blogger